Mengatasi Komputer Crash

Hal ini pernah saya alami ketika saya mendapat tugas mengecek komputer-komputer di sebuah warnet. Komputer hidup, tetapi tidak sedang digunakan untuk beraktifitas. Tiba-tiba PC crash. Kondisi seperti ini sering terjadi dan fenomenanya pun bermacam-macam seperti komputer reset seketika, hang, ataupun freeze.
Apa yang harus kita lakukan dalam kondisi seperti itu?
Hemm… cobalah mulai dengan melacak kesalahan dengan teknik-teknik pengecekan sebagai berikut :
1) Pada kondisi komputer mati, putuskan semua daya dan lepaskan penutup (casing) PC.
2) Chek semua koneksi kabel yang terhubung dengan motherboard. Pastikan semua kabel terhubung dengan sempurna.
3) Chek juga piranti offboard seperti RAM, VGA, Sound card juga prosessor. Pastikan posisi tepat pada tempatnya.
4) Tegangan pada casing juga dapat menyebabkan gangguan kontak. Longgarkan sekrup-sekrup pada sandaran semua card di bagian belakang casing. Kadang-kadang sandaran card yang melengkung juga dapat menyebabkan timbulnya tegangan pada casing.
5) Periksa putaran kipas prosessor dan kipas casing. Crash komputer sering terjadi karena suhu CPU yg terlalu tinggi. Pembersihan kipas perlu dilakukan, bila perlu diber pelumas pada motor kipas agar putaran kipas stabil.
6) Jika dengan berbagai pengecekan di atas ternyata tidak membuahkan hasil, maka langkah terakhir adalah melakukan pengecekan dengan melakukan penukaran adapter, RAM atau prosessor yang lain. Kerusakan pada adapter tertentu, akan sulit untuk dianalisa secara menyakinkan. Apalagi jika kondisi fisik adapter tersebut dalam keadaan baik. Hal itu disebabkan karena adapter modern akan mematikan semua saluran pengecekan pada hampir semua jenis kesalahan. Satu-satunya cara adalah menukar adapter yang lama dengan adapter lain dan kemudian mengamati perubahan yang terjadi.
Teknik terakhir itu terus terang saya belum mencoba, karena pada kasus yang saya tangani, komputer kembali normal pada tahapp pengecekan sampai no 5

1 komentar: